#3. Tutorial HTML Dasar – Membuat Aplikasi Hello World (Bahasa Indonesia)

sukakoding.com

Hai sukakoders pada pertemuan kali ini kita akan mulai ngoding sederhana dengan membuat aplikasi Hello World. Kenapa kita harus membuat aplikasi Hello World? Sebenarnya ini tidak wajib sih, namun secara tradisi dan turun temurun untuk memulai mempelajari bahasa baru ada baiknya kita harus menguji bahasa tersebut dengan aplikasi hello world. Oke langsung saja buka kode editor kalian. Oh iya jika ini adalah pertama kalinya kalian belajar HTML, admin sarankan gunakan notepad saja agar kalian hafal seintaks HTML.

Langkah Awal

ada struktur dasar dalam HTML yang wajib kalian tulis diantaranya ada HTML, Head,dan Body.

sukakoding.com

Maaf ya admin sengaja nulis kode dalam bentuk gambar agar kalian gak nyalin hehe 😀 . setelah kalian tulis coba kita pecah kode tersebut.

<html></html>

ada dua gaya penulisan dalam HTML, dahulu saat pertama kali html muncul kita disarankan untuk menulis html dalam huruf kapital semua seprti <HTML></HTML>. Tapi sekarang gaya penulisan tersebut sudah tidak disarankan karena terlihat kurang rapi jika dipadukan dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan Javascript.

sintaks pada HTML bisanya disebut tag. Jadi tag di atas adalah document root pada sebuah halaman web. Apa itu document root? untuk saat ini kalian terima saja dulu nanti kalian akan paham ketika sudah belajar tentang DOM.

<head></head>

Sama seperti manusia head adalah tempat untuk menyimpan logika, bisanya tag standar yang ada di dalam head seperti <title>, <style> dll. untuk lebih jelasnya nanti admin buatin sendiri topik mengenai apa saja yang boleh di dalam tag head dan yang tidak booleh di dalam tag head. Lanjut di bwahnya lagi ada tag

Baca Juga:  Kenalan Sama Python, Bahasa Pemrograman Masa Depan

<body></body>

Inilah tag yang akan menampung semua konten yang akan kalian tampilkan di web browser. Nanti admin juga akan bahas topik sendiri mengenai body ini. lanjut, didalam body ada tag

<h1>Hello World</h1>

Nah seperti yang admin katakan diatas. body adalah tag untuk menampung konten yang akan kita tampilkan halama. Maka tulisan Hello World akan tercetak di layar. Lalu apa itu <h1> ?. ini adalah tag yagn biasa digunakan untuk untuk memberi judul pda sebuah artikel. jika kalian perhatikan pada judul tutorial ini bukankah terlihat paling besar sendiri? nah itu terjadi karena ditulis dalam tag <h1>.

Jika kalian kurang lebih sudah paham dengan penjelasan di atas kalian bisa save dengan menekan tombol ctrl + s pada keyboard kalian atau pilih File -> Save As.

ntuk

beri nama yang kalian inginkan. sebelum itu pada kolom save as type pilih All Files (*.*). tulis nama file dan akhiri dengan .html . ini adalah ekstensi atau format file pada document HTML. jangan sampai salah menulis ekstensi menjadi HelloWorld#1.txt karena jika kalian menulis seperti ini maka file tersebut tidak akan terbaca oleh web browser.

Admin sarankan kalian simpan dalam folder pribadi untuk menampung semua file html nantinya. jika sudah kalian bisa cari file tersebut dan buka di browser kalian masing masing atau double klik saja. jika tampilanya seperti di bawah ini maka kalian telah berhasil membuat aplikasi Hello World pertama kalian.

sukakoding.com

What’s Next?

Untuk pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang tag HTML dan istilah istilah yang sering digunakan.

Baca Juga:

#2 Tutorial HTML Dasar – Sejarah HTML (Bahasa Indonesia)

Baca Juga:  Apa Itu Gradle?

2 Balasan pada “#3. Tutorial HTML Dasar – Membuat Aplikasi Hello World (Bahasa Indonesia)”

  1. Pingback: #5. Tutorial HTML Dasar - Ngoding Dengan Tag Dan Atribute HTML ( Bahasa Indonesia). - Suka Koding

  2. Pingback: #4. Tutorial HTML Dasar - Tag Tag Dan Atribut Pada HTML (Bahasa indonesia) - Sukakoding

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.