React.js atau Node.js: Platform Mana yang Lebih Efisien?

Hay Sukakoders, React.js atau Node.js, siapa sih yang gak kenal mereka. Framework dari Javascript ini memang lagi trend trend nya di kalangan para developer, khususnya para pengembang Javascript. Namun hal ini malah memberikan ambigu bagi para developer antara memilih React.js atau Node.js. Memilih framework Javascript yang tepat adalah hal yang harus diperhatikan bagi para pengusaha dan pebisnis. karena pemilihan framework yang tepat akan mempermudah dalam urusan pengembangan di kemudian hari. Lalu manakah yang lebih efisien, React.js atau Node.js.

Keuntungan dari React.js

Efisiensi

React.js membuat dan menggunakan Virtual DOM miliknya sendiri. Server nantinya akan mengecek atau memeriksa perubahan lalu akan mengembalikan request dari client, namun untuk melakukan hal ini di perlukan kemampuan merubah DOM Tree yang lumayan sulit bagi para pemula. Lalu apa yang sebenarnya dilakukan React.js? React.js menciptakan salinan abstrak (disebut Virtual DOM) untuk melakukan perubahan kecil yang dilakukan user tanpa mempengaruhi elemen atau bagian lain dari halaman (tidak perlu mereload halaman. mirip konsep AJAX) dan membuat pembaruan dengan cepat. Dengan begitu, hal ini akan meningkatkan kinerja, fleksibilitas, dan penulisan program yang lebih cepat.

Penggunaa Sintak JS yang Mudah

React menggunakan sintak JSX. Yang memungkinkan kita untuk menggabungkan sintak HTML dan Javascript. Dengan JSX kita bisa mengoptimasi dan membuat template HTML yang mudah dan cepat. Developer juga dapat menggunakan HTML  untuk membuat function tanpa menggabungkan String. Intinya React membuat penulisan kode Javascript menjadi lebih mudah.

SEO Friendly

ya jika ada yang bilang Framework javascript gak SEO Friendly siap siap di hajar para developer React, karena React sangat SEO Friendly. walaupun memprosesan kode dan data dilakukan di server, server akan tetap mengembalikan kode Virtual DOM dalam bentuk HTML biasa yang artinya kita bisa menyisipkan tag tag yang membuat website kita menjadi SEO Friendly.

Baca Juga:  Cara Membobol Facebook Dengan Android Dan Weeman 100% WORK

sukakoding.com

Keuntungan Node.Js

Mudah Dipelajari

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan untuk pengembangan front-end. Untuk pengembang front-end yang sudah mahir, akan dengan mudah untuk menjajal Node.js karena hanya butuh waktu yang singkat untuk memahaminya.

Easy Deployment

Node.js adalah terobosan yang akan sangat berguna kedepanya. Dijaman dahulu para pebisnis akan menyewa dua developer (front-end dan back-end) untuk membuat dan mengembangkan aplikasi webnya. Tetapi dengan Node.js, sisi server dan sisi client menggunakan gaya pengkodean yang serupa dan dengan demikian akan membuat pengembangan aplikasi akan lebih mudah dan efisien.

Dukungan Komunitas

pengembang Node.js sangat besar dan aktif untuk berkontribusi dalam mengembangkan Node.js. Karena komunitas yang luas, para developer pemula yang kesulitan dalam menemukan eror akan dengan mudah memperbaikinya dengan bantuan dari komunitas atau kalian dapat mempelajari kode aplikasi dari para developer yang sudah di bagikan secara gratis di github.

Setiap framework memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri untuk mengembangkan aplikasi web. kalian harus teliti dan mengetahui apa yang benar benar kalian butuhkan. pemilihan framework yang salah bukan hanya dapat menghambat kalian dalam mengembangkan aplikasi web. tetapi kalian juga akan kesulitan untuk membuat fitur fitur baru yang dibutuhkan oleh client kalian. itulah sedikit ulasan mengenai React.js dan Node.js, semoga dapat merefensi kalian dalam memilih framework 😀

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.