Perbedaan Google Chrome Dan Chromium

sukakoding.com

Hay Sukakoders, apa kalian tahu kalau chrome dan chromium itu sangat berbeda jauh walaupun dari segi tampilan hampir sama saja. Lalu apa perbedaanya? nanti akan admin kupas sampai gak bisa di kupas lagi hehe..

Perbedaan Google Chrome Dan Chromium

Sebelum lanjut ke topik utama, apa kalian tahu jika penemu Chrome bukanlah Google? ya Chrome awalnya adalah sebuah proyek untuk menciptakan browser yang open-source. Karena google tertarik, akhirnya Google mengambil source code dari Chromium untuk di kembangkan lagi menjadi Google Chrome.

Sekilas Tentang Chromium

Chromium adalah sebuah proyek open source untuk menciptakan browser yang aman, cepat dan stabil. Logo Chromium di ambil dari unsur atom yang juga bernama chromium atau metal. Chromium bukanlah sebuah virus atau malware. Chromium berada di bawah lisensi BSD dan MIT. Chromium awalnya di rilis pada tahun 2008.

Perbedaan Chromium dan Chrome

Update Otomatis

Pada Google Chrome, pengupdate-an dapat di lakukan secara otomatis melalui Google Software Update Agent sedangkan chromium tidak. Bagi pengguna linux dapat mengupdate chromium yang ada di repository dengan terminal.

Statistik Pengguna Dan Pelaporan Kerusakan Otomatis

karena Chrome di kembangkan secara resmi oleh Google maka kalian tidak perlu pusing untuk memaintenance-nya. tapi disisi lain Google juga akan mengetahui semua tindakan yang kita lakukan di Chrome seperti OS, pengaturan, riwayat, dll. hal ini menjadikan pengguna kurang merasa aman pada privasinya. Sedangkan Chromium yang harus memaintenance sendiri dirasa lebih aman dalam hal privasi karena sifatnya yang opensource.

Web Store

Bagi pengguna Chrome tentu sudah tidak asing dengan Chrome Store. Kita bisa membuat Chrome kita menjadi sangat power full dengan extensi yang ada di store. tapi bagi pengguna Chromium jangan bersedih dulu, walaupun Chromium tidak memiliki web store, kita tetap bisa menambahkan extensi yang ada di Chrome Store. ya jika kalian ingat Chomium dan Chrome memiliki mesin (Source Code) yang sama.

Baca Juga:  Apa Arti Ente Lucu Mas Atau Hastag #Entelucumas?

Dukungan Media Codec

Tidak seperti Chrome, Chromium memiliki dukungan media codec yang terbatas seperti Theora, Vorbis, WebM, VP9. Sedangkan di Chrome sudah support AAC, MP3, and H.264 (now free).

Sandbox

Kedua browser tersebut sudah support dengan sanbox. untuk chrome, sanbox sudah aktif sejak awal dan untuk pengguna chromium yang berjalan pada distribusi linux, sanbox bisa di nonaktifkan.

Plugin Adobe Flash

Meskipun sudah tidak di support pada HTML 5. dulunya Chrome sudah secara otomatis support dengan Adobe Flash sedangkan Chromium tidak.

Kesimpulan

Jadi manakah yang lebih baik? kedua nya sama sama hebat. untuk menentukan mana yang lebih baik digunakan tergantung dari kebutuhan kalian. bagi pengguna Windows dan Mac disarankan untuk menggunakan Chrome sedangkan untuk da Linux bisa menggunakan  Chromium.

Apakah Chromium Virus?

Chromium bukanlah virus. karena sifat chromium yang open source sering di manfaatkan oleh para hacker untuk membuat tiruannya. hati hati jika kalian melihat chromium di komputer kalian padahal kalian merasa tidak pernah menginstallnya. segera hapus atau uninstall jika kalian menemukan kasus ini. bagi kalian yang memang suka dengan chromium dapat mendownload pada situs resmi nya. Namun ada kalanya chromium palsu ini sangat bandel dan sulit banget di uninstall. Untuk itu kalian bisa baca Cara Uninstall Chromium (Virus) untuk menghapusnya.

 

Satu Balasan pada “Perbedaan Google Chrome Dan Chromium”

  1. Pingback: Penyebab Dan Cara Terhindar Dari Virus Komputer - Suka Koding

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.