Penyebab Dan Cara Terhindar Dari Virus Komputer

sukakoding.com

Hay Sukakoders, Virus merupakan musuh nomor dua yang paling di takuti setelah penggunanya sendiri. Masih hangat di telinga ketika kasus virus ransomware menyerang komputer dengan mngenkripsi data penting yang hanya bisa di buka jika kita sudah membayar tebusan. lalu masih banyak lagi. Virus tidak hanya bisa merusak software bahkan ada kasus dimana hardware komputer rusak karena sebuah virus kecil yang tidak di ketahui. lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara menghindarinya? simak ulasan dibawah

Penyebab Komputer Terinfeksi Virus

Terlalu Banyak Program Crack

memang tidak semua crack itu virus, tapi ada beberapa crack yang memang benar benar virus yang sangat berbahaya. maka dari itu bagi kalian pecinta gratisan ( termasuk admin šŸ˜€ ) untuk selalu berhati hati jika memasang program pada komputer.

Mendownload Software Sembarang

terkadang ketika kita ingin menggunakan aplikasi yang sangat kita butuhkan dan belum ada versi crack nya, semua cara kita halalkan sehingga secara tidak sadar kita terperangkap oleh jebakan hacker. akhirnya bukan software yang kita dapat malah virus yang menyerang kemana mana. kalau bisa ya jangan lah download software bajakan. dukunglah para developer agar mereka dapat terus berkarya dengan membeli lisensi resmi dari pengembangnya.

Mendownload File Sembarang

Sama seperti mendownload software, mendownload file pun harus di perhatikan. download lah dari situs situs yang terpercaya.

Tidak Membaca Ketentuan Dan Dokumentasi

Karena sangat mudahnya menginstall software, kususnya pengguna windows yang tinggal next saja terus membuat kita malas untuk membaca ketentuan dan dokumentasi. inilah mangsa hacker yang paling mudah. jadi walaupun software yang kalian download itu resmi dan gratis tetap perhatikan ketentuan, karena ketika kalian sudah menerima ketentuannya, pihak pembuat aplikasi tidak akan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu.

Baca Juga:  Sambut Hari Kemerdekaan, Hacker Retas Laman Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Tidak Memasang Anti Virus

Anti Virus memang sangat penting untuk merawat komputer dari dalam. tapi sekali lagi ada juga virus yang menjelma menjadi antivirus. maka berhati hati lah jika ingin menginstall antivirus. gunakan saja antivirus yang sudah populer seperti smadav, avira dll.

Memasang Perangkat Tambahan Dengan Bebas

Perangkat tambahan disini bermacam macam. seperti Flashdisk, Harddisk External, Printer, Bluetooth, USB dll. disinilah fungsi Antivirus, selain memproteksi komputer dari dalam, antivirus juga akan menscan perangkat yang tersambung kekomputer kita, contoh nya adalah Smadav.

File Sisa Uninstalasi

Saat kalian mencopot sebuah program, tidak semua berkas yang ada di program itu benar benar terhapus. maka untuk menghapus nya kalian harus melakukanya secara menual. jika kalian tidak tahu caranya silahkan klik disini.

Email Spam

hati hatilah terhadap email spam. karena virus dapat menyebar melalui email. segera unsubscribe email yang terus mengirimkan email yang mencurigakan.

Masuk Jaringan Yang Tidak Dikenal

selalu perhatikan dan jangan sampai lengah. dengan teknik freez hacker dapatĀ  membuat tiruan wifi sehingga secara tidak sadar jika kalian masuk ke jaringan wifi yang di buat oleh hacker, maka hacker bisa saja memasukan virus ke komputer kalian. selain dengan wifi vius juga dapat menyebar melaui bluetooth, infrared dan juga LAN. jadi selalu waspada.

Jangan Mendownload Gambar Sembarangan

What? ya virus juga dapat di sisipkan melalui gambar, jadi berhati hatilah saat menerima pesan gambar melalui sosmed kalian.

Cara Menghindari Virus Komputer

Sebenarnya cara menghindari virus sangat mudah jika kalian sudah paham penyebabnya. karena inti dari obat adalah penyakit nya

  • Install program yang benar benar penting saja
  • Jangan gunakan program bajakan
  • Pasang Antivirus
  • Aktifkan Windows Defender (bagi pengguna windows)
  • Matikan komputer jika tidak dipakai
  • Update komputer secara berkala
  • Update Anti Virus
  • Hapus email spam
  • Hapus gambar yang tidak perlu
  • Tidak sembarang share jaringan
  • Budayakan membaca
Baca Juga:  Tutorial Phising Arena Of Valor (AOV) 100% Work

Cara Mengatasi Komputer Yang Terlanjur Terinjek Virus

Jika komputer kalian sudah terlanjur terinjek virus, jangan stres dulu disini admin akan berikan sedikit cara agar komputer kalian normal kembali. cara ini tidak 100% berhasil tapi gak ada salahnya jika di coba.

Buka Menu komputer anda > Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore

System RestoreĀ merupakan sebuah fungsi untuk mengembalikan settingan kalian seperti semula. Setiap kalian menginstal atau uninstal software, biasanya System Restore akan menyimpan Settingan lama kalian sebelum kalian mengistal atau uninstal software tersebut. Dengan cara ini setiap ekstensi exe atau aplikasi apapun yang terinstal sesudahnya akan dihapuskan atau dihilangkan. Termasuk Register Windows kalian akan kembali seperti semula. Hal inilah yang bisa membikin virus hilang dari komputer kalian.

Dengan cara ini kalian tidak harus menginstala antivirus. Tapi seringkali ada beberapa virus yang secara otomatis mematikan fungsi restore point ini. Jika ini terjadi lakukan shutdown manual lewat tombol power atau cabut aja kabel komputer kalian, atau matikan listrik istilahnya (dengan resiko kemungkinan ada file yang rusak, tapi biasanya tidak terjadi kok), lalu boot dari safe mode dan restore dari sana ke settingan sebelum terkena virus. Biasanya berhasil, terutama untuk brontok selalu berhasil. Admin juga heran brontok kan sangat mudah dikenali secara visual kenapa kok bisa-bisanya terkena virus ini, mungkin bagi yang pemula kali ya?

Tapi jika cara diatas tidak berhasil ya langkah terakhir adalah menginstall ulang windows kalian. Tapi sebelum melakukanya ada baiknya kalian backup dulu data penting kalian. jangan berpikiran negatif dulu install ulang windows gak akan merusak komputer kalian kok. bahkan komputer kalian akan seperti lahir kembali, tapi ya resikonya kalian harus mengatur pengaturan dan menginstall software lagi hehe..

Baca Juga:  Cara Uninstall Chromium (virus)

Oke admin rasa cukup utuk penjelasanya. btw sebenarnya admin tidak punya niatan untuk bikin artikel ini. certia singkatnya admin bikin artikel tentang cara menghapus chromium (virus). tapi karena rencanya admin mau nambahin penyebab dan cara mengatasi komputer yang terkena virus kok artikelnya jadi panjang banget. akhirnya singkat cerita admin pisah deh hehe lumayan lah buat namabahin rutinitas update šŸ˜€ sekian bye….

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.