Konfigurasi dan Cara Menggunakan “Total Network Monitor 2”

total network monitor

Hai sukakoders, minggu lalu admin diberi tugas oleh dosen admin untuk merevew salah satu tools untuk memonitoring jaringan. nah karena pengetahuan admin tentang jaringan juga masih dasar jadi admin ga begitu ahli dalam monitoring jaringan. setau admin untuk memonitoring jaringan kita bisa menggunakan wireshark. tapi karena dalam satu kelas bukan admin doang yang kuliah maka admin kedahuluan oleh temen yang lain. 

Tapi untuk memonitoring jaringan ternyata bukan cuma wireshark, ada banyak sekali tools untuk memonitoring jaringan. lalu admin putuskan untuk menggunakan TNM. tapi sebelum menggunakan admin browsing browsing cara mnggunakan TNM. ternyata nihil, tidak ada blog atau website yang membahas cara mengguanakan TNM. karena itu mungkin dari kalian ada yang bernasib sama dan disini admin akan share pada kalian cara menggunakan Total Network Monitoring

Pengertian Network Monitoring

menurut admin secara singkat (maaf jika salah) Network Monitoring Tools adalah alat yang secara terus menerus memantau jaringan mengenai status jaringan dan akan memberi laporan jika suatu jaringan mengalami masalah.

Cara Menggunakan Total Network Monitoring

Jalankan Aplikasi

Saat pertama kali dibuka secara default total network monitoring akan memonitor website yang sudah terkonfigurasi. Dapat dilihat bahwa kita juga bisa memonitor youtube, google, facebook, dan masih banyak lagi.

Sedikit penjelasan mengenai tampilan dari Total Network Jaringan berdasarkan border yang saya tandai:

  • Merah: grup monitoring untuk memonitor computer yang ada di internet.
  • Hitam: grup monitoring untuk memonitor computer host atau yang sedang kita pakai.
  • Biru: grup monitoring untuk memonitor computer atau jaringan yang akan kita monitor secara manual.
  • Kuning: tampilan parameter parameter monitor yang kita gunakan untuk memonitoring computer
  • Hijau: laporan mengenai computer yang kita monitoring
Baca Juga:  Cara Install Python Dan Git Di Termux

Men-Scan Jaringan

Untuk menggunakan Total Network Monitoring sebagaimonitor jaringan yang kita inginkan, pertama kita scan dengan memilih menu Tools > Wizard Scan atau klik tombolyang saya tandai diatas.

Masukan Rentang IP Jaringan


Selanjutnya kita klik tombol tambah untuk menambahkanrange ip dari jaringan yanga ingin kita monitoring. Jika sudah tinggal netx saja.

Hasil Scan

Maka akan terlihat computer mana saja yang terhubungke jaringan kita. Setelah itu klik next.

Membuat Grup

Setelah itu tinggal buat grup. Kita bisa menggantigrup atau biarkan saja. Tapi jika kita punya lebih dari satu jaringan yang dimonitor lebih baik diberi nama agar tidak membingingkan dikemuadian hari.

Hasil Dari GrupYang Dibuat

Jika sudah maka akan tampil grup baru pada totalnetwork monitor

Memilih ComputerYang Akan Dimonitoring

Selanjutnya kita tinggal memilih computer yang akankita monitoring. Dengan cara klik kanan ip computer yang akan kita monitoringdan klik add monitor. Maka akan terbuka window baru.

Memilih FiturMonitor

Selajutnya kita tinggal memilih apa yang akan kita monitor dari computer tersebut. Disini saya akan memonitor koneksi dengan cara ping computer.

Isikan nama dan deskripsi. Bebas yang pentingberhubungan dengan apa yang kita monitoring.

Konfigurasi Sensor

Karena kita hanya akan ping computer maka kita biarkansaja konfigurasi default seperti itu.

Memilih Aksi

Aksi ini adalah sebuah pemberihuan jika terjadisesuatu pada computer yang sedang kita monitor. Untuk memilih aksi tinggal kliktombol tambah dibagian bawah kiri.

Memilih MetodePemberitahuan

Ada banyak sekali metode pemberitahuan yang disediakan total network monitor seperti: notifikasi langsung ke desktop, kirim email, mengeksekusi perintah, membuka aplikasi dll.

Untuk demo kali ini kita menggunakan notifikasi showmassage yang akan memberitahu kita lewat desktop jika computer yang kitamonitor mengalami gangguan.

Baca Juga:  Puluhan Situs Pemerintahan Bali Dilumpuhkan Aktivis "Bali Tolak Reklamasi"

Konfigurasi Aksi

Karena kita hanya menggunakan massage maka konfigurasi tidak terlalu ribet. Tapi jika kita menggunakan notifikasi via send mail maka kita harus mengkonfigurasi sedikit.

Hasil ComputerYang Sedang Dimonitor

Terlihat bahwa ada titik hijau disamping computer yangsedang kita monitor. Itu menandakan bahwa computer sedang normal. Kita jugabisa melihat kestabilan koneksi dari computer tersebut.

Selanjutnya coba kita matikan computer yang sedangkita monitor. Ini sebagai simulasi bahwa computer yang kita monitor sendangoffline atau down.

Simulasi

Terlihat bahwa ada notifikasi yang muncul di desktopkita yang memberitahu bahwa computer yang kita monitor sedang bermasalah.

oke cukup dulu turorial kali ini, jika ada yang kurang jelas bisa kalian tanyakan di kolom komentar. 

oh iya TNM ini berbayar ya jadi disini admin menggunakan trial 60 hari.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.