Kenalan Sama Python, Bahasa Pemrograman Masa Depan

sukakoding.com

Hai Sukakoders sudah lama banget admin gak update (sibuk kuliah bro wkwk) dan banyak banget perubahan di website ini. terutama pada view yang sekarang anjlok. btw sejak admin migrasi dari hosting yang dulu, website ini kok sekarang ga muncul di google ya? kalau ada yang tahu solusinya bisa bantu admin ya.

Sebenarnya banyak banget hal baru yang ingin admin share, tapi karena ga ada waktu buat nulis akhirnya hanya angan angan dan sekarng malah lupa. tapi jangan khawatir admin akan tetep men-share pada kalian apa yang lagi hot khususnya pada dunia teknologi informasi. langsung saja apa sih yabg akan kita bahas? kali ini admin akan bahas tentang Python. kenapa Python, apa istimewanya Python dan kenapa kamu harus belajar Python? simak ulasan berikut

Pengertian Python

Menurut Wikipedia Python adalah bahasa pemrograman interpretatif, multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Python juga didukung oleh komunitas yang besar.

Dari pengertian diatas kita tahu bahwa Python adalah bahasa yang Interpretatif. artinya kode program akan dikompile dan dijalankan bersamaan. sehingga membuatnya menjadi ringan dan  cepat.

Multiguna, seperti JAVA, Python juga merupakan bahasa yang bisa dijalankan di semua platform. selain itu Python juga bisa di gunakan untuk membuat aplikasi Dekstop, Web, Android dan IOT.

Sejarah Python

Python awalnya diciptakan oleh Guido van Rossum. Awalnya, pembuatan bahasa pemrograman ini adalah untuk membuat skrip bahasa tingkat tinggi pada sebuah sistem operasi yang terdistribusi Amoeba. Python telah digunakan oleh beberapa pengembang dan bahkan digunakan oleh beberapa perusahaan untuk pembuatan perangkat lunak komersial.(tuliskode.com)

Di Indonesia sendiri Python merupakan bahasa yang cukup baru. karena melihat potensi yang cukup besar dan dirasa bisa memenuhi kebutuhan programer di masa depan, akhirnya banyak  Institusi yang mulai memasukan bahasa Python pada kurikulum mereka.

Baca Juga:  #0 Tutorial Codeigniter - Pengenalan (Bahasa Indonesia)

Kenapa Python?

Sebagai pemula, kita pasti dihadapkan dengan dilema “bahasa apa yang harus saya pelajari pertama kali ya?” sangat wajar jika pertanyaan itu muncul dibenak kalian, karena kita pastinya ingin mempelajari hal yang bakal berguna dimasa depan. sebenernya pake bahasa apa saja boleh untuk mempelajari bahasa pemrograman. tapi Python ini berbeda. kenapa berbeda? coba kalian lihat kalimat yang admin mark pada pengertian diatas. Yap, Python memiliki sintaksis yang jelas. hal ini akan sangat mempermudah bagi pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman sebagai bekal menjadi programer.

Coba perhatikan perbandingan penulisan Kalimat “hello world” pada bahasa C, Java dan Python.

C

 #include <stdio.h>
  
  int main()
  {
     printf("Hello World");
     return ;
  }

Java

public class HelloWorld{  
     public static void main(String args[]) {
        System.out.println("Hello World");
     }

Python

print 'Hello World'

Apa! cuma satu baris? ya bisa kalian lihat sendiri bahwa dalam bahasa Python kita hanya perlu menuliskan satu baris untuk untuk mencetak Hello World. berbeda dengan bahasa C yang harus mengimport librari dan Java yang harus membuat kelas. Python sangat simpel, cepat dan ringkas. itulah kenapa banyak programer yang mulai beralih ke bahasa Python. (perbandingan lengkapnya)

Selain itu masih banyak keunggulan Python di antaranya:

Keunggulan Python

  1. Python memiliki konsep desain yang bagus dan sederhana, yang berfokus pada kemudahan dalam penggunaan. Kode Python dirancang untuk mudah dibaca, dipelajari, digunakan ulang, dan dirawat. Selain itu, Python juga mendukung pemograman berorientasi objek dan pemograman fungsional.
  2. Python dapat meningkatkan produktivias dan menghemat waktu bagi para programmer. Untuk memperoleh hasil program yang sama, kode Python juga jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kode yang ditulis menggunakan bahasa-bahasa pemograman lain seperti C, C++,C# maupun Java.
  3. Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll), termasuk untuk perangkat-perangkat mobile.
  4. Python memiliki banyak dukungan pustaka yang dikembangakan oleh pihak ketiga, misalnya pustaka untuk pengembangan web, pengembangan aplikasi visual (berbasis GUI), pengembangan permainan komputer (game), dan masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Melalui mekanisme tertenu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.
  6. Terakhir, Python bersifat gratis atau bebas (free) dan open source, meskipun digunakan untuk kepentingan komersial.
Baca Juga:  Apa Itu Gradle?

jika kita berbicara keunggulan, tidak adil jika kita tidak menyertakan kekurangannya. Tak ada yang sempurna, begitu juga dengan Python, berikut kekurangan bahasa Python:

Kekurangan Python

  1. Beberapa penugasan terdapat diluar dari jangkauan python, seperti bahasa pemrograman dinamis lainnya, python tidak secepat atau efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C.
  2. Disebabkan python merupakan interpreter, python bukan merupakan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.
  3. Python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, tetapi dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan skrip antarmuka untuk mereka.
  4. Python memberikan efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by dengan tidak memberikannya secara menyeluruh. Python menyediakan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan, bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrograman lainnya.

Nah kalian sudah tahu pengertian, kelebihan dan kekurangan Python. sebagai motivasi, Python juga digunakan oleh perusahaan perusahaan besar lho. barangkali kamu tertarik bekerja disana. Lalu siapa saja pengguna Python?

Pengguna Python

Google

Siapa yang gak tahu Google? ya mesin pencari ini awalnya dibuat menggunakan Python, dan sepertinya sampai sekarang Google masih setia dengan bahasa Python. mungkin karena Python bahasa yang cukup baik untuk mengelola data maining sehingga banyak Algoritma Google yang di implementasikan dengan bahasa Python.

Selain itu Youtube juga dibuat dengan Python, Website yang paling banyak dikunjungi kedua setelah Google ini banyak menggunakan Algoritma yang dibuat dengan Python.

Facebook

Lho bukanya Facebook dibuat dengan PHP? ya Facebook memang dibuat dengan PHP. Tapi PHP saja tidak cukup untuk membuat Facebook menjadi sosial media terbesar didunia. Facebook rupanya juga menggunakan jasa Tornado, sebuah framework dari Python yang digunakan untuk menampilkan Timeline.

Baca Juga:  #5. Tutorial HTML Dasar - Ngoding Dengan Tag Dan Atribute HTML ( Bahasa Indonesia).

Tak hanya Facebook, Instagram pun juga menggunakan Python. Adalah Djanggo, salah satu pustaka dari Python yang digunakan oleh Instagram untuk mengelola aplikasi dibagian server.

NASA

Python digunakan oleh NASA untuk kepentingan sains, seperti simulasi teori Big Bang. selain itu, banyak software canggih Nasa yang terbuat dari Python.

selain tiga perusahaan besar diatas Python juga digunakan oleh perusahaan besar lainya seperti:

  1. Pinterest, banyak menggunakan python untuk membangun aplikasinya.
  2. Dropbox, barangkali Anda adalah salah seorang pengguna layanan ini. Dropbox menggunakan python baik di sisi server maupun di sisi pengguna layanannya.
  3. Quora, salah satu situs tanya jawab terbesar di dunia, dibangun menggunakan Python.
  4. NSA, badan mata – mata Amerika banyak menggunakan Python untuk analisa kriptografi dan intelijen.
  5. Industrial Light & Magic, Pixar, banyak menggunakan Python dalam animasi movie.
  6. Blender, Maya, software pembuat animasi 3D terkenal, menggunakan Python sebagai salah satu bahasa skrip pemrogramannya.
  7. Raspberry Pi, komputer mini yang banyak digunakan sebagai mikrokontroller, menggunakan Python sebagai bahasa utamanya.
  8. ESRI, produsen terkenal pembuat software pemetaan GIS banyak menggunakan Python di produknya.

Oke itulah sedikit ulasan tentang Python yang admin ketahui. bye…..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.