Dasar Dasar Menjadi Hacker Profesional

sukakoding.com

Dunia digital memang tidak pernah mencapai batas. Pasalnya, dengan menjelajahi itu, kamu akan banyak menemukan beragam informasi yang mungkin belum kamu ketahui. Informasi itu termasuk cara belajar menjadi hacker profesional.

Dalam praktik lapangan, tanpa mengenal ilmu jaringan agak mustahil bagi Calon Hacker untuk melakukan peretesan, apalagi jika targetnya tidak berada di jaringan yang sama, maka semakin banyak pula yang harus diketahui si hacker tentang ilmu jaringan komputer.

lalu bagaimana langkah langkah yang harus kamu tempuh agar tujuanmu menjadi hacker profesioanl tercapai?. disini admin akan berbagi ilmu dasar untuk menjadi hacker yang pro.

1. Pelajari Konsep Dasar Komputer

Benar, untuk menjadi seorang hacker profesional, kamu harus tahu dulu apa itu komputer yang sesungguhnya. Sebab, dengan mengeksplorasi dasar komputer seperti sistem operasi (Windows dan Linux), jaringan komputer, protokol jaringan, firewall, tentu akan mempermudah kamu dalam hacking.

eksplorasi sendiri, jangan mengandalkan tutorial karena hacker sejati menemukan bukan menjalankan.

2. Mempelajari IP ADDRESS

IP address atau Internet Protocol Address adalah sistem peng-alamatan suatu perangkat dengan menggunakan angka sebagai identitas.

Jaman sekarang semua perangkat digital telah diberikan kartu jaringan sehingga dapat memiliki ip addressnya masing masing, itu sebabnya semua perangkat tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan internet.

3. Pelajari Programming

Tentu tidak afdol jika kamu ingin memulai untuk belajar hacking, tapi kamu tidak mempelajari programming. Sebab, programming ini sangat erat hubungannya dengan hacking. Jadi, kalau tidak menguasai ilmu tersebut, ya kamu nggak akan bisa jadi hacker profesional.

ya walaupun tanpa bisa ngoding pun kamu tetap bisa menjadi hacker walaupun masih level script kidding. ada banyak manfaat belajar pemrograman di antaranya seperti yang Steve Job katakan “Pemrograman mengajarimu cara berpikir”

Baca Juga:  Puluhan Situs Pemerintahan Bali Dilumpuhkan Aktivis "Bali Tolak Reklamasi"

4. Pelajari Hardware Komputer

Mempelajari tentang hardware komputer juga sangat penting karena ketika hardware di komputer bermasalah kita bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus ke tukang service. Masak iya sudah menjadi hacker professional tapi komputer bermasalah sedikit langsung dibawa ke tukang service, kan jadinya tidak lucu!

Belajar secara otodidak atau tanpa guru memang sulit dan jika tidak di sertai kemauan yang sangat kuat maka untuk menjadi seorang hacker professional akan gagal. Supaya semangat menjadi hacker anda kuat maka bisa menonton film tentang kehidupan seorang hacker, ada banyak film yang menceritakan tentang hacker salah satunya adalah Who Am i, Mr Robot, Cybergeddon, dan masih banyak lainnya, bisa anda cari di google.

selain itu ga semua kegiatan hacking hanya cukup dilakukan dengan banttuan perangka lunak. contoh skimming dll.

5. Belajar NAT

NAT atau Network Address Translation adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk membuat IP lokal anda menjadi diwakili oleh satu IP Address yang lain.

Dalam networking fungsi NAT digunakan agar jaringan lokal kita terhubung dengan jaringan internet. Nat ini merupakan salah satu fitur didalam router.

6. PORT

Kita sudah mengetahui fungsi dari IP Address yaitu sebagai identitas perangkat. nah port adalah turunan dari identitas perangkat itu yang biasanya mewakili service-service yang ada di perangkat tersebut.

analoginya IP address merupakan alamat sebuah apartement lalu port adalah nomer-nomer apartment nya.
Di apartment 22 ada ibu bernama sisih yang kerjanya jalan jalan dan selalu menggunakan baju berlapis lapis. sedangkan apartment 80 ada bapak wowo pemilik tokobuku. maka kalau anda mencari buku anda harus menuju kamar 80.

Sedikitnya ini port default yang sebaiknya anda ingat
20 FTP
21 FTP
22 SSH
23 Telnet
25 SMTP
53 DNS
80 HTTP
88 Kerberos
110 POP3
123 NTP
135 Microsoft’s RPC
137-139 Microsoft’s NetBIOS
143 IMAP
161 SNMP
389 LDAP
443 HTTPS or HTTP over SSL
445 SMB
514 syslog
3389 RDP
5900 VNCSERVER
5901 VNCSERVER

Baca Juga:  Cheat Lineage2 Revolution

7. Mengerti DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berfungsi untuk membagikan atau meminjamkan alamat IP Address secara otomatis kepada client komputer yang terhubung.

Jika jaringan kita tidak memiliki DHCP Server maka dibutuhkan settingan manual pada tiap-tiap komputer yang ada di jaringan tersebut.

Dengan menggunakan server dhcp maka alamat ip yang akan di bagikan akan dinamis atau berubah-ubah sesuai range yang di atur sang administrator, mekanisme inilah yang diterapkan pada pembagian IP Jaringan Seluler atau ISP (Internet Service Provider) yang tidak memberikan fitur ip public statis seperti speedy, indihome dsb.

8. Bedakan istilah hacker dan cracker

Banyak yang salah kaprah dengan istilah hacker. Masyarakat awam menganggap hackersebagai tindakan kriminal. Padahal istilah hacker tidak mengacu kepada definisi tersebut. Hacker atau white hat merupakan seseorang yang bekerja untuk keperluan pengujian sistem.

Nah kebalikannya, seorang cracker atau black hat adalah orang yang memang bertujuan untuk membobol sistem demi keuntungan diri sendiri atau kelompok.

Dikutip dari Liputan 6, gaji yang diberikan kepada seorang hacker atau yang nama resminya adalah Certified Ethical Hacking (CEH) bisa mencapai miliaran Rupiah per tahun. Gaji seorang CEH merupakan gaji tertinggi dari dunia IT dan Teknologi. Wajar yah gajinya besar karena setiap hari seorang CEH harus bertarung dengan para cracker.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.