Cara Menyimpan Kuota Internet dari Wifi ke SimCard?

sukakoding.com

Hai Sukakoders, admin harap kalian gak langsung pergi karena judul yang admin buat agak clickbait wkwkwk.

Oke langsung ke topik saja. sebenarnya disini admin mau meluruskan bagi kalian pecinta gratisan yang pikiranya suka menghayal (maaf kasar). apakah bisa menyimpan kuota atau data yang kita dapat dari wifi untuk dijadikan kuota? jawabanya TIDAK. kenapa?

Pertama buang pikiran kalian yang masih menganggap:

Wifi itu seperti air yang ada di pegunungan, sedangkan kuota internet itu seperti air yang ada di dalam kemasan seperti Aqua.


Internet tak semudah itu men….. mari kita bahas sebentar

Kenapa Wifi Bisa Unlimited?

Untuk membuat wifi paling dibutuhkan kabel dan tiang dan semacam nya.
Bisa unlimited tapi ya di tempat itu-itu aja.
Bagi wifi pake antena juga ga bisa dipindah-pindah karena titik kordinatnya udah dikunci (kata sales nya sih gitu)

Untuk membuat data seluler, perlu dibangun BSC, BTS ( tiang tower tinggi yang biasanya warna merah dan putih dan kalau malam ada lampu merah kedap-kedip itu loh) dan sebagainya.
Namun, kita bisa mengaksesnya baik dalam perjalanan atau dimana aja selagi sinyal nya ada. (Sinyal pun ada 2G, 3G, 4G, dan bentar lagi 5G).

Paket datanya juga dibatasi, kalaupun unlimited palingan ada FUP nya.

Agar kita bisa terhubung ke internet, kita butuh yang namanya ISP. lalu ISP itulah yang menghubungkan kita ke internet.

ISP wifi itu seperti Indihome, MNC play media, Bolt, Biznet, Firstmedia, MyRepublic, dll.
ISP data seluler ya operator seperti Telkomsel, Indosat, Xl, 3, dll.

Nah, ISP inilah yang membatasi kita saat menggunakan internet yang disebut kuota data.

Kenapa Kita Dibatasi Menggunakan Internet?

Pertama jelas, demi keuntungan. bukankah sudah jelas ketika seseorang berwirausaha demi mendapat keuntungan. ISP pun juga demikian.

Baca Juga:  Trik Nakal! Begini Cara Nyuri Chat Pasangan kamu Lewat Gmail

Lalu kenapa kita butuh ISP untuk terhubung ke internet?. ya karena biaya infrastruktur untuk membangun alat itu sangatlah mahal. jika kalian punya banyak uang kalian juga bisa membangun alat yang dibutuhkan untuk bisa terhubung ke internet.

Sederhanya gini, jika kalian pernah belajar jaringan kalian pasti tahu yang namanya LAN, MAN, WAN dan Internet.

  • Local Area Network. Gampangnya komputer yang ada di perusahaan, lab sekolah atau warnet itu bisa terhubung melalui jaringan ini. untuk membangun LAN pun juga cukup sederhana. kalian hanya butuh kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.
  • Metropolitan Area Network. MAN ini sama seperti LAN cuma jangkaunya lebih luas. jika LAN mungkin hanya menghubungkan komputer dalam 1 Gedung maka MAN bisa menguhubungkan komputer dalam 1 Kota.
  • Wide Area Network. Masih sama, cuma lebih canggih karena bisa menghubungkan antar propinsi, bahkan antar negara sekaligus.
  • Internet. Internet pun juga masih sama seperti 3 hal di atas, cuma jangkauannya seluruh dunia.

Kembali lagi ke topik ISP. jadi ketika kita terhubung ke internet, sebenarnya kita tidak langsung terhubung ke jaringan internet yang sangat luas itu. ISP lah yang terhubung ke internet. sedangkan saat kita membuka facebook, youtube dll itu sudah tersimpan di harddisk server ISP.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa tidak ada tempat / layanan yang disebut ‘Internet’, hanya banyak perusahaan yang terhubung bersama dalam suatu proses yang disebut Peering. Satu penyedia menghubungkan ke penyedia lain, kadang-kadang satu akan mengisi yang lain, atau dengan cara lain, atau kadang-kadang dilakukan secara netral. Perusahaan seperti Hypernet menyediakan konektivitas global untuk ISP, perusahaan dan penyedia hosting.

Cara Kerja Internet

Balik ke topik awal kita tentang cara menyimpan kuota dari wifi ke sim card. ini mustahil dilakukan, tapi bagi kalian yang menganggap harga kuota itu mahal kalianh bisa menggunakan cara ini untuk bisa internetan gratis.

Baca Juga:  Apa Arti Ente Lucu Mas Atau Hastag #Entelucumas?

Alat dan Bahan

  • Smartphone (jelas lah)
  • simcard

Eksekusi

  1. pertama buat akun di privatetunnel.com
  2. lalu download aplikasi private tunnel di playstore
  3. Jika sudah selesai mendownload, langsung buka aplikasi Private Tunnel tersebut dan pilih host, disini ada 7 pilihan host dan langsung klik Connect.

Note: Pada setiap harinya, kalian mendapatkan kuota gratis sebesar 100 MB, jadi jika selama sebulan Anda mendapatkan 3GB. Jika tiba-tiba saja Aplikasi PrivateTunnel sudah tidak mau konek, mungkin pihak operator sudah mengetahui dan memblockir Sim Card kalian.

oke semoga tulisan ini menambah pengetahuan kalian tentang internet. bye….

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.