Cara Mengetahui Data Akun Facebook Mu Dicuri Atau Tidak?

sukakoding.com

Hay Sukakoders, sejak akhir maret lalu pengguna internet di dunia, khususnya pengguna facebook menjadi was was karena munculnya berita pencurian data facebook yang dilakukan oleh firma riset analis di Cambrigde Analytica. Diberitakan bahwa lebih dari 87 juta data akun facebook berhasil di curi.

Latar Belakang

Ada isu yang menyebut bahwa firma adalah konsultan politik yang dipakai Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat 2016 lalu. isu ini semakin memperburuk facebook yang di anggap ikut andil dalam kesuksesan Donald Trump dalam mencalonkan diri sebagai pemimpin negara Adi kuasa itu.

Menurut data yang dibagikan Newsroom Facebook, 1 juta lebih data pengguna Facebook di Indonesia juga di curi Cambrigde Analytica. hal ini membuat pemerintah Indonesia tak tinggal diam dan mengirimkan surat untuk meminta penjelasan terkait berita ini.

Kenapa Data Akun Facebook Begitu Diinginkan?

Alasan paling mendasar adalah untuk mencari kesukaan dari setiap pengguna facebook, karena dengan mengetahui kesukaan user, maka para pengiklan akan lebih efektif dalam mengiklankan produk nya. Lalu dengan apa kita bisa di lacak?. dengan cookie semua yang kita lakukan di dalam browser akan terekam. Mark sendiri tak bisa menjawab ketika di tanya senator mengenai sebarapa dalam facebook dapat melacak penggunanya. Karena sempat di beritakan bahwa walaupun sudah logout facebook masih bisa melacak apa yang di lakukan penggunanya.

Cara Mengetahui Data Akun Facebook Mu Dicuri Atau Tidak?

Untuk mengetahui apakah akun facebook mu tercuri atau tidak facebook sudah memberikan notifikasi lewat news feed. jika akun kalian aman, maka akan muncul tombol bertuliskan “go to apps and website”. tetapi jika akun kalian sedang dicuri atau tidak aman maka akan muncul tulisan “see how you’re affected”.

Baca Juga:  Download Script Phising AOV 100% Work

Cara Menjaga Akun Facebook Tetap Aman

Facebook sendiri sangat peduli tentang privasi dan keamanan penggunanya. namun tidak ada salahnya jika kita juga melakukan tindakan untuk lebih privasi kita. berikut tindakan yang bisa di ambil untuk mengamankan akun anda

  • Rutin menghapus cache dan cookie jika sudah tidak di butuhkan.
  • Batasi penggunaan API facebook. Dengan API facebook kita memang di mudahkan dalam urusan login, tapi untuk meminimalisir kebocoran data lebih baik batasi penggunaan API facebook.
  • Kunjungi Help Center
  • bagi pengguna aplikasi facebook, selalu update aplikasi kalian.
  • selalu berhati hati ketika membaca penawaran di facebook. karena bukan tidak mungkin ada pihak oknum yg memanfaatkan hal ini untuk kepentingan mereka.

Itulah cara mengetahui akun facebook mu di curi atau tidak, selalu waspada dan berhati hatilah. jangan terlalu frontal menyebar informasi pribadi di internet jika kalian gak  ingin menyesal nantinya

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.