Cara Memperbaiki Laptop Yang Gampang Panas

sukakoding.com

Hai Sukakoders pernahkah kamu jengkel karena laptop mu gampang banget panas, padahal baru saja digunakan langsung cepet panas. Di artikel kali ini admin gak akan membahas seputar pemrograman, tapi admin akan membahas tentang sedikit tips yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Tips ini admin ambil berdasarkan pengalaman pribadi dan sebagian dari sumber lain.

Cara Memperbaiki Laptop Yang Gampang Panas

Penyebab Laptop Mudah Panas

Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop cepat panas. Menurut admin laptop mudah panas di sebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

  • Terlalu banyak task
  • Menjalankan aplikasi diluar kemampuan spek komputer
  • GPU, RAM dan CPU tidak sinkron
  • Terinjek Malware
  • Menggunakan OS yang salah

Faktor Eksternal

  • Kurangnya sirkulasi udara
  • Penempatan Laptop
  • Menjalankan laptop sambil di charger
  • Fan yang kotor
  • Voltase arus masuk yang terlalu tinggi
  • Gel prosessor yang kering
  • Suhu ruangan yang panas
  • Penggunaan terlalu lama
  • Headsink tidak terpasang dengan benar

Solusi Laptop Mudah Panas

Oke, admin anggap kalian sudah tahu beberapa penyebab laptop kalian mudah panas. jika kalian sudah paham, maka akan lebih mudah mengetahui solusinya. karena disini admin memberikan tips berdasarkan pengalaman peribadi, bisa saja yang di alami kalian berbeda. jika ada penyebab lain bisa kalian sampaikan dikolom komentar.

1. Terlalu banyak task

Jika kalian salah satu pengguna komputer yang mengharuskan kalian bekerja dengan banyak task, langkah terbaik adalah kalian upgrade ram atau membeli laptop baru. untuk beberapa kasus laptop yang dibeli memang sengaja hanya diberi ram kecil agar bisa di upgrade. Tips jika kalian ingin membeli laptop, belilah laptop yang ram nya bisa di upgrade.

2. Menjalankan aplikasi diluar kemampuan spek

ketahui seberapa jauh kemampuan komputer kalian. jangan asal asalan menginstal software di laptop kalian. baca require yang dibutuhkan sebuah softawre sebelum menginstall nya agar laptop kalian mampu menjalankan software dengan baik. Beberapa software yang mebutuhkan spek komputer tinggi seperti, Adobe Premiere dan Android Studio sangat bergantung pada kemampuan komputer. Beberapa kasus yang sudah parah dapat menyebabkan komputer mati atau hang. jika kalian mengalami hal ini, langkah terbaik adalah kalian masuk mode aman kemuadian uninstall program tersebut atau install ulang OS nya.

Baca Juga:  Cara Membobol Facebook Dengan Android Dan Weeman 100% WORK

3. GPU, RAM dan CPU tidak sinkron

Inilah kesalahan yang sering dialami oleh orang yang sembarangan ketika membeli komputer. perhatikan minimal tiga spek tersebut. karena ketiganya saling bergantung untuk menopang beban aplikasi. Jika salah satu saja tidak seimbang atau lebih kecil dari spek lainya, maka dampaknya langsung terasa pada performa komputer kalian. Jika klian sering menemukan aplikasi yang menampilkan pesan Not Responding, ini terjadi karena infromasi yang dikirim lebih cepat dibanding proses yang dilakukan. Dalam hal ini spek komputer kalian tidak sinkron untuk menangani informasi yang dikirim.

4. Terinjek malware

Ini adalah penyebab yang paling sulit dikenal karena ada beberapa virus yang tidak teridentifikasi oleh antivirus. Biasanya virus tersebut bekerja dengan cara melakukan request terhadap server lokal secara terus menerus sehingga komputer kalian akan bekerja secara terus menerus walaupun kalian tidak menjalankan aplikasi apapun. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah komputer kalian sedang terinjek malware adalah dengan melihat pada task manager, dari situ kalian bisa memonitori kinerja prosessor kalian. jika prosessor bekerja dengan standard maka bisa dipastikan komputer kalian masih aman. virus sendiri dapat menyebar melalui beberapa jalan seperti

  • Mendownload file sembarangan dari internet
  • Menggunakan Software bajakan
  • Mematikan antivirus
  • Menjadi korban hacking dan masih banyak lagi.

Sedikit tips saja agar komputer kalian tidak terinjek malware sebaiknya jangan langsung hubungkan komputer kalian dengan initernet pada saat dinyalakan karena disinilah proses paling mudah terkena malware. kenapa bisa mudah? ya karena ketika proses startup sedang berlangsung, sistem sedang meload file file yang dibutuhkan. Dalam proses tersebut semua request akan diijinkan. Begitu pula dengan virus yang disipkan melalui internet. Untuk pembahasan mengenai viru akan admin bahas sendiri pada artikel yang terpisah, karena pembahasn virus ini cukup kompleks.

Baca Juga:  Cara Uninstall Chromium (virus)

5. Penggunakan OS yang salah

bagi kalian yang suka mengoprek komputer dan sering gonta ganti OS, bisa saja OS kalian lah yang menyebabkan panas berlebih pada laptop, karena setiap OS memiliki karakternya masing masing jadi lebih baik pertimbangkan kembali ketika ingin menggunakan OS yang lain atau kalian bisa menguji OS tersebut dengan Virtual Box dulu.

6. Penempatan laptop yang salah

Dari faktor faktor internal maupun eksternal inilah penyebab yang paling sering di alami oleh kebanyakan orang. Admin sendiri juga sering mengalami seperti meletakan laptop di kasur, bantal atau di pangkuan, suhu ruangan yang panas, terlalu dekat dengan barang elektronik lain dan masih banyak lagi faktor eksternal.

Jika kalian meletakan laptop di atas kasur maka secara langsung akan membuat sirkulasi udara di sekitar laptop menjadi tertutup dan akhirnya panas dari prosessor tidak dapat keluar dan menyelimuti body laptop. meletakan laptop di pangkuan sangat tidak dianjurkan, selain dapat merusak laptop, panas yang dihasilkan dari prosessor juga berbahaya bagi kesehatan kalian. Jika kalian sakit, nanti yang baca artikel sukakoding siapa? 😥 jangan sakit, berat, biar admin saja wkwkwk.

Suhu ruangan yang terlalu tinggi juga menjadi penyebab laptop mudah panas. Cara terbaik agar laptop kalian tidak mudah panas adalah dengan meletakanya di atas kaca atau stand laptop. Ada beberapa yang meragukan kalau kaca dapat menguraikan panas, tapi admin sendiri membuktikan bahwa kaca memang terbilang ampuh untuk mengatasi laptop panas. Apalagi kaca yang sudah lama berada diruangan ber AC.

7. Menjalankan laptop sambil di charger

Admin sendiri adalah orang yang sering kali menjalankan laptop sambil di charger, seperti saat menulis artikel ini, karena dibutuhkan pemikiran maka biasanya admin memerlukan beberapa jam untuk menulis sebuah artikel dan seringkali batre dari laptop admin habis ditengah jalan. mau gak mau ya harus dengan di cas. dampak lain yang bisa desebabkan dari menjalankan laptop sambil di cas adalah kelebihan tegangan, pengurangan umur batre dll.

Baca Juga:  Cara Membuat Website Professional 100% GRATIS Terbaru

8. Fan yang kotor

Debu yang menempel menjadi faktor utama fan yang kotor, jika dibiarkan maka debu tersebut bisa masuk sela sela fan yang bisa menimbulkan kerusakan. debu yang menumpuk juga bisa menutup sirkulasi udara yang ada dibody laptop.

9. Gel prosessor yang kering

kasus ini biasanya jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya kalian mengecek apakah gel pada prosessor kalian. Jika kalian tidak berani untuk membongkar laptop sendiri, kalian bisa membawanya ke service center, admin sarankan jangan membawanya ke service komputer sembarangan. Bukan apa apa ya tapi banyak yang tidak tahu kalau hampir 60% dari tukang service komputer hanyalah orang biasa yang memperbaiki komputer berdasarkan tutorial diinternet. Jadi admin sarankan lebih baik buka sendiri atau dibawa ke service center terdekat.

10. Headsink yang tidak terpasang dengan benar

Headsink berfungsi sebagai penghantar panas dari prosessor, apa jadinya jika headsink tidak terpasang dengan benar? gejala yang paling sering timbul adalah komputer kalian akan mereboot secara terus menerus. karena panas yang berlebih pada prosessor membuatnya mati dan sistem memaksa untuk hidup. Jika kalian mengalami hal ini langkah terbaik adalah memutuskan aliran listrik pada komputer, atau mencopot batre pada laptop dan memasang headsink dengan benar.

oke sekian tips tentang Cara Memperbaiki Laptop Yang Gampang Panas, masih banyak faktor lain dan solusi untuk mengatasi laptop yang mudah panas, karena admin juga sudah capek jadi faktor faktor yang lain bisa kalian tambahkan di komentar agar temen temen kita dapat menemukan solusi yang lebih baik. Oke See You…. 😆

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.