Apakah Bisa Install 3 OS Dalam 1 Komputer?

sukakoding.com

Cerita Dulu Ya πŸ˜€

Hai Sukakoders, Apa ada dari kalian yang pernah berpikir apakah bisa install 3 os dalam 1 komputer? Jika iya, maka kita sama. Cerita dulu ya.. pertanyaan ini muncul saat admin dapat mata kuliah organisasi komputer di semester 2. Admin yang waktu itu masih polos ( maklum dari background SMA ) sangat kagum saat temen admin memperlihatkan laptop nya yang di install dual boot. Saat itu yang dia install adalah windows 10 dan kali linux. ya biar kelihatan hekkel kali ya wkwkwk. Dari situ mulai muncul pertanyaan ‘gimana cara install dual boot?’, ‘apakah bisa install lebih dari 2 boot?’ apakah semua perangkat bisa di ganti os?’ dan masih banyak pertanyaan lain yang admin lupa. Disini yang admin kecewa adalah gak ada dari temen admin yang mampu menjawab pertanyaan itu.

sampai akhirnya pada suatu praktek admin bertanya pada Dosen “Pak, Berapa maksimal OS yang bisa di install dalam komputer?” tau apa jawaban dari dosen itu? “Menurut kamu?, Browsing dong.. ” dalam hati admin berkata “malah gantian nanya, loe bisa jawab gak, kalau gak bisa bilang, pinter ngeles lu” setelah itu admin browsing sana browsing sini dan hasilnya nihil masih sedikit banget di internet yang mengulas tentang pertanyaan ini. Hingga akhirnya admin lupa kalau masih punya pertanyaan ini.

Sesemester kemudian Windows admin rusak dan harus install ulang, karena sudah terbiasa dengan dual boot dan rasanya bosen jika harus lihat gambar jendela terus, lalu admin memutuskan untuk pasang dual boot lagi. Karena dulu udah pernah dual boot dengan windows dan Kali Linux admin, ingin hal yang baru. Setelah mencoba beberapa OS pada Virtual Mesin akhirnya admin jatuh hati pada OS BlankOn yang asli buatan Indonesia. Ada beberapa kandidat seperti Ubuntu, Deepin Os, Elementary OS Dan Linux Mint. Tetapi melihat kemampuan dan performa dari semua OS itu admin rasa memiliki kemampuan yang gak jauh berbeda.

Baca Juga:  Penyebab Dan Cara Terhindar Dari Virus Komputer

Awalnya admin mau install Ubuntu yang sangat populer. Tapi melihat indonesia punya teknologi yang keren, akhirnya admin putuskan untuk pasang BlankOn pada OS kedua di komputer admin. Kendala mulai muncul pada saat installasi. saat akan membuat partisi untuk primary dan swap, tombol create gak berfungsi. admin lihat tutorial instalasinya sama, tapi kok gak bisa di create?. dari situ admin coba kembali lihat partisi dan masih normal. Saat itu admin buat partisinya unlocated tapi masih gak bisa. waktu admin kembali dan coba membuat unlocated tadi jadi berlokasi malah semua partisi yang admin buat jadi bertipe Dynamic. awalnya admin cuek aja dan kembali ke BIOS untuk install BlankOn. eh malah partisi yang admin buat tadi gak keluar. Masalah baru muncul, akhisrnya admin browsing dan menemukan titik kecerahan bahwa maksimal partisi primary yang ada di windows adalah 4. sehingga jika kita memaksa membuat partisi baru dengan tipe primary, maka windows akan mengubah semua partisi menjadi dinamik, tidak masalah pada data tapi admin jadi gak bisa install OS kalau gak ada partisi primary. seperti yang kita tahu file dari sistem operasi harus di letakan pada partisi primary. akhirnya admin cari cara supaya bisa mengembalikan semua jadi primary lagi. saat itu dengan bantuan EaseUs Prtition admin dapat mengembalikan semua partisi ke primary. Oke masalah sudah teratasi. tingal masalah pertama tadi, kenapa gak bisa install BlankOn? Lalu admin coba OS lain, masih sama.

sampai pada akhirnya admin coba install deepin, masih gak bisa. Etzz tapi deepin ini baik hati, walaupun dia gak bisa di install, dia mau ngasih tau kenapa gak bisa di install dan masalah nya terdapat pada partisi primary. karena admin saat itu punya 5 partisi ( 2 untuk windows, 2 Untuk data dan 1 untuk BlankOn) yang 2 untuk windows sudah pasti gak bisa di convert ke logical dan untungnya 2 lainya bisa. setelah admin convert, admin buru buru kembali ke BIOS buat install dan saat admin mau bikin primary dan swap berjalan lancar, tapi untuk primary saja, saat mau bikin swap tombol Create gak berfungsi lagi, admin jengkel dan banting laptop hahaha gak ya. ya kali laptop mahal mau di banting gitu aja. akhirnya dmin kembali ke windows dan merenung, sambil berkata apa lagi ni.. kok gak bisa terus. sampai akhirnya admin install pada mode sederhana dengan tidak membuat partisi swap. dan ternyata berhasil, Horeeeeee πŸ˜€ dari situ bisa admin simpulkan bahwa:

Baca Juga:  Cara Install Python Dan Git Di Termux

Kesimpulan

  • Maksimal OS yang bisa di install dalam satu komputer adalah 4, karena kita hanya di ijinkan untuk membuat 4 partisi primary dalam satu komputer.
  • OS harus di letakan di partisi primary.
  • Semua OS Linux bisa di buat dual boot.
  • semua perangkat bisa di ganti OS tapi performanya gak maksimal.
  • untuk mengconvert partisi dari dinamyc ke primary, Hardisk harus di ubah ke mode basic.
  • saat membuat partisi saat instalasi setidaknya harus punya 1 partisi primary kosong terkadang ada yang mnegharuskan mempunyai 2 parimary kosong.
  • Membuat swap adalah pilihan saat instalasi.
  • dan masih banyak lagi, nanti admin update. ni udah ngantuk banget, hehehe

Sekian postingan kali ini atau lebih tepatnya sharing aja ya mengenai pengalaman admin 😜

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.