Google Dan Yahoo, Siapa Mereka? Inilah 5 Mesin Pencari Sebelum Adanya Google Dan Yahoo

sukakoding.com

Bagi orang yang lahir tahun 80-an pasti sudah fasih dengan yahoo dan orang yang lahir tahun 90-an akan bingung jika ada yang bertanya apa itu Google?. Tapi apakah kalian tahu bahwa google ataupun yahoo bukanlah mesin pencari pertama? bahkan di eranya mesin pencari ini adalah dewa bagi para peselancar internet. Berikut adalah 5 Mesin Pencari Sebelum Adanya Google Dan Yahoo.

1. Archie (1990)

sukakoding.com

Archie merupakan mesin pencari pertama yang diciptakan berawal dari gagasan seorang mahasiswa McGill University di Montreal bernama Alan Emtage. Archie dibuat tahun 1990, 2 (dua) tahun sebelum bermunculan mesin pencari. Pada saat itu tampilan mesin pencari tidak mudah menggunakannya seperti mesin pencari saat ini, termasuk juga Archie ini. Archie berasal dari kata “archive” tanpa menggunakan huruf “v”. Archie dibuat oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, . Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.

kalian masih dapat menggunakan mesin pencari itu disini.

2. Veronica (1992)

sukakoding.com

Veronica adalah mesin pencari yang dibuat untuk protokol Gopher. Veronica dibuat pada tahun 1992 oleh Steven Foster dan Fred Barrie di University of Nevada, Reno. Nama Veronica sendiri diambil dari karakter archie komik.

3. Aliweb (1993)

sukakoding.com

Aliweb digadang gadang sebagai mesin pencari web pertama. Berbeda dengan archie yang hanya mampu merayap pada protokol ftp, aliweb lebih canggih karena mampu mengindeks pada protokol www. aliweb pertama diluncurkan pada bulan november 1993 oleh martijn koster saat bekerja di Nexor.

kalian masih bisa mengunjungi situsnya disini.

4. Lycos (1994)

sukakoding.com

Inilah mesin pencari yang paling eksis dan sukses pada tahun 90-an. Lycos juga web pertama yang menggunakan iklan dan mampu memperoleh laba dari hasil iklan tersebut. Ditahun 1999 Lycos menjadi situs web yang paling banyak dikunjungi di 40 negara. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Baca Juga:  Donasi Tanpa Modal Dengan Mesin Pencari Asal Indonesia Geevv

Kunjungi Lycos disini.

5. Altavista (1995)

sukakoding.com

AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. AltaVista diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com. Saat pertama kali diluncurkan, altavista langsung menuai kesuksesan dengan lalu lintas yang terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama dan lebih dari 80 juta hits perhari dua tahun kemudian. Pada tahun 1996 Yahoo mengakuisisi altavista untuk menjadi mesin pencari bagi yahoo. Jika kalian membuka situs www.altavista.com kalian akan diarahkan ke yahoo search karena memang yahoo search awalnya adalah altavista.

Oke itulah artikel singkat tentang 5 Mesin Pencari Sebelum Adanya Google Dan Yahoo. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang dunia teknologi. Mohon maaf jika banyak tulisan yang salah. jika kalian punya informasi tentang search engine yang lain bisa di tulis pada kolom komentar, Thanks udah mampir 😀 …

4 Balasan pada “Google Dan Yahoo, Siapa Mereka? Inilah 5 Mesin Pencari Sebelum Adanya Google Dan Yahoo”

  1. Pingback: Cara Install Python Dan Git Di Termux - Suka Koding

  2. Pingback: Apa Arti Ente Lucu Mas Atau Hastag #Entelucumas? - Suka Koding

  3. Pingback: Donasi Tanpa Modal Dengan Mesin Pencari Asal Indonesia Geevv - Suka Koding

  4. Pingback: Cara Membobol Facebook Dengan Android Dan Weeman 100% WORK - Sukakoding

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.