10 Tipe Programer Paling Populer 2018

sukakoding.com

Penasaran Tipe Programer Apa Yang Paling Populer Di Tahun 2018 Ini?

Pertanyaan ini mungkin ada pada benak sebagian para programer pemula atau mahasiswa Teknik Informatika baru yang bingung mau mutusin harus belajar bahasa pemrograman apa. Sebenarnya semua tipe programer memiliki keunggulan tersendiri asalkan dia mampu mempelajarinya sampai tingkat advance dan bukan yang baru belajar sampai dasar udah nyerah. Untuk itu admin memberikan referensi bagi para programer pemula tentang 10 Tipe Programer Paling Populer 2018. artikel ini admin ambil dari Stackoverflow dan beberapa forum luar

1. Web Developer

Siapa yang tidak tahu Internet? dijaman yang semakin canggih ini hampir semua kebutuhan sehari hari kita berhubungan dengan internet. Contohnya Google, siapa sih yang gak kenal google? hampir semua tugas, permasalahan dapat kalian temukan hanya dengan mengetikan di kolom search-nya.  Selain itu para Developer Web sangat kreatif, mereka mampu merepresentasikan semua jenis aplikasi kedalam web seperti software yang pasti kalian semua tahu Microsoft Office kini telah hadir dalam bentuk cloud atau web. Editor photo yang kebanyakan dalam aplikasi Desktop sekarang juga ada dalam versi web. Dan keunggulan yang paling saya sukai adalah dengan teknologi web kita dapat membuat aplikasi android atau iOS. selain itu bahasa pemrograman yang digunakan juga cenderung mudah dipahami karena menganut Bahasa Pemrograman Modern seperti PHP, JavaScript, java, ActionScript dan beberapa bahasa lainya.

2. Mobile Developer

Yang kedua ada Mobile Developer. Semua dimudahkan hanya dengan alat segenggam seperti membayar listrik, transfer uang dll. Kenapa admin tempatkan Mobile App pada urutan kedua dan bukan ketiga karena tipe programer mobile terbilang masih baru tapi terus meningkat setiap tahunya apalagi cukup mudah untuk memonetize aplikasi mobile dengan hadirnya pasar pasar seperti PlayStore, AppStore yang berada dibawah raksasa teknologi Google dan Apple. Selain untuk android dan iPhone kini hadir pesaing baru bernama Windows Phone yang melejit setelah Microsoft sukses dengan Windows 10 nya. Untuk dapat mengembangkan aplikasi mobile kalian perlu mempelajari bahasa pemrograman seperti Java atau Kotlin untuk android, Objective-C atau Swift untuk iOS dan C# atau Visual Basic untuk Windows Phone.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Laptop Yang Gampang Panas

3. Desktop Applikasi

Siapa yang tidak tahu Microsoft dan Apple? ya kedua raksasa tersebut adalah dewa bagi perusahaan teknologi dunia. Hampir semua orang memakai komputer dan untuk mengikuti perkembangan jaman tentu banyak sekali terobosan terobosan dalam dunia teknologi komputer. Umumnya para Developer Dekstop adalah kumpulan programer yang mengembangkan software berskala besar seperti Adobe System, Oracle dan masih banyak lagi. Software software yang diciptakan pun terbilang canggih canggih seperti Software milik NASA, Editor editor dll. Kebanyakan developer Desktop bekerja pada perusahaan. Untuk dapat mengembangkan software Desktop anda setidaknya menguasai salah satu bahasa pemrograman seperti C#, Visual basic, VB.NET, Objective-C, dll. Tapi disini admin tidak menyarankan bahasa tersebut karena bahasa tersebut adalah bahasa yang terpaku pada OS tertentu. Oleh karena itu admin sarankan untuk mempelajari bahasa Python, Java, Ruby, Pearl, C, C++ dll.

3. Database Administrator

Database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan, keamanan dan perbaikan database organisasi. Diatas DBA adalah SysAdmin mereka adalah orang yang mengatur programer untuk membuat program yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk dapat menjadi DBA kalian harus mempelajari bahasa SQL seperti MySQL, SQL Server, SQLite atau SQLPostgre.

4. Ahli Matematika dan Fisika

kebanyakan para developer hebat berasal dari background yang memiliki perhitungan matematika yang kuat seperti Tim Benerslee, larry Ellison, Denis Richi dll. Kenapa banyak ahli matematika yang menjadi programer hebat? karena pada dasarnya komputer itu adalah mesin hitung yang dibuat berdasarkan logika matematika. Lalu muncul pertanyaan “apakah saya harus pintar matematika untuk jadi programer hebat?”. kamu gak harus pintar matematika untuk jadi programer yang hebat tapi setidaknya kamu harus paham matematika kususnya pada bab Logika dan Algoritma karena dalam mempelajari bahasa pemrograman kalian akan sering menemukan kasus ini.

Baca Juga:  #5. Tutorial HTML Dasar - Ngoding Dengan Tag Dan Atribute HTML ( Bahasa Indonesia).

5. System Administrator

Siapa itu system administrator? saya yakin bagi kalian para programer pemula masih bertanya tanya siapa itu system administrator. Singkatnya SysAdmin adalah Divisi tertinggi dalam perusahaan yang menangani para programer dan engineering. Jadi didalam sebuah perusahaan bisa dikatakan mereka adalah kepala dari Divisi IT. Tugas mereka banyak seperti menangani server, jaringan dll.

6. DevOps Engineering

Apalagi ini hahaha 😀 mungkin bagi kalian yang baru terjun dalam dunia IT akan bingung mengartikan apa itu DevOps. Sebenarnya sampai saat ini para pakar IT pun masih bingung untuk mendefinisikan apa itu DevOps. Yang admin tangkap dari beberapa sumber serta tugasnya di lapangan DevOps adalah Developer yang mengembangkan sebuah tools yang nantinya di gunakan dalam jangka panjang dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Seperti singkatannya Developer Operasional.

7. Embedded applications/devices developer

Makanan apalagi ni 😀 . Sebenarnya ini tidak sulit jika kalian paham maksudya. jadi Embedded applications adalah Developer yang mengembangkan aplikasi di bawah aplikasi induk. Contoh sederhananya adalah kalian pasti tahu yang namanya plugin. Ya seperti itulah gambaran singkatnya, mereka membuat aplikasi tambahan untuk platform utama contoh simpel seperti plugin plugin dalam wordpress dan tema tema wordpress.

8. Data Mining

Banyak para pakar IT mengatakan bahwa Data Mining adalah profesi yang sangat dicari di masa mendatang. Admin sendiri tidak tahu banyak tentang data mining, yang jelas data mining bertugas untuk mengelola Big Data yang sangat besar dan memanfaatkanya untuk keperluan yang menguntungkan di masa yang akan datang.

9. Grapich Programing And Grapich Designer

Pemrograman grafis adalah pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan gambar pada komputer menggunakan library yang ada.

Baca Juga:  Cara Membobol Akun Mobile Legends Teknik Profesional

10. Spesialis mesin/ Engineering

Merekan memang bukan seorang developer tapi mereka sangat membantu sekali bagi developer untuk hal perawatan perangkat

Oke saya rasa kalian sudah bosan membaca artikel yang panjang ini. Admin minta maaf jika penjelasanya kurang jelas dan ada salah salah. Bagi kalian yang ingin jadi Web Developer dan bingung memulainya dari mana. kalian bisa baca seri tutorial di web ini tentang Tutorial HTML Dasar.

Baca Juga:

Cara Membuat Website Professional 100% GRATIS Terbaru

Apa itu Gradle?

6 Balasan pada “10 Tipe Programer Paling Populer 2018”

  1. Pingback: Cara Membuat Website Professional 100% GRATIS Terbaru - Suka Koding

  2. Pingback: Cara Install Python Dan Git Di Termux - Suka Koding

  3. Pingback: Download Script Phising Mobile Legends Bang Bang - Suka Koding

  4. Pingback: #2. Tutorial HTML Dasar - Sejarah HTML (Bahasa Indonesia) - Sukakoding

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.