#1. Tutorial HTML Dasar – Pengenalan (Bahasa Indonesia)

sukakoding.com

Apa Itu HTML?

Dari wikipedia Hypertext Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Gimana masih bingung dengan penjelasan wikipedia? mari kita ulas sejenak. Coba perhatikan kata yang saya bold

Bahasa markah merupakan kata (sintak) yang digunakan untuk menjelaskan sebuah maksud (semantik) yang biasanya dibungkus dalam tanda < dan >.

Halaman web merupakan tempat untuk menampilkan konten yang ditulis dalam bahasa HTML contoh: yang sedang anda baca saat ini. Sedangkan penjelajah web adalah software yang menampung halaman web seperti Chrome, Mozila Firefox, Safari, Microsoft Edge, Opera dan masih banyak lagi.

HTML Merupakan Bahasa Pemrograman?

Bukan!! Karena dalam bahasa pemrograman sendiri terdapat logika logika yang tidak ada dalam HTML. Jadi seperti pengertian di atas HTML hanyalah Bahasa Markah.

Persiapan

Untuk mengikuti seri kali ini tidak banyak bahan yang kalian butuhkan. Cukup Kode Editor, Web Browser dan Niat saja. Untuk kode Editor kalian bisa menggunakan software bawaan dari OS kalian seperti Notepad atau jika kalian ingin yang lebih variatif bisa coba Sublime Text, Notepad++, Atom apapun lah yang penting bisa untuk menulis ekstensi file.

Note: Jangan gunakan Microsoft World atau sejenisnya

Kalau menggunakan Adobe Dreamweaver?

Silahkan tapi untuk panduan seri kali ini admin hanya menggunakan Sublime Text dan Chrome saja. Ada beberapa alasan kenapa admin tidak menyarankan Dreamweaver karena tidak gratis alias berbayar ( ya walaupun mudahlah dapat software berbayar secara gratis. You Know lah…. wkwk). Software yang berat dan memakan banyak RAM. Ya walaupun banyak keunggulan ketika menggunakan dreamwever. Tapi bagi kalian yang masih tahap belajar saya rasa tidak membutuhkan keunggulan tersebut.

Baca Juga:  Cara Membobol Akun Mobile Legends Teknik Profesional

What’s Next?

Untuk pertemuan berikutnya kita akan membahas sejarah HTML. Kenapa gak langsung ngoding? ya karena admin membiasakan untuk belajar dari akarnya. Itulah konsep dasar dalam pemrograman.

Baca Juga:

 

 

4 Balasan pada “#1. Tutorial HTML Dasar – Pengenalan (Bahasa Indonesia)”

  1. Pingback: #2 Tutorial HTML Dasar - Sejarah HTML (Bahasa Indonesia) - Suka Koding

  2. Pingback: #4. Tutorial HTML Dasar - Tag Tag Dan Atribut Pada HTML (Bahasa indonesia) - Suka Koding

  3. Pingback: Cara Membuat Website Professional 100% GRATIS Terbaru - Suka Koding

  4. Pingback: #3. Tutorial HTML Dasar - Membuat Aplikasi Hello World (Bahasa Indonesia) - Sukakoding

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.